Cara Mudah, Murah dan Nyaman berlibur ke Bali

Thursday, 3 January 2008

print this page
send email
Cara Hemat berlibur ke Bali
Siapa yang tidak mengenal Bali, tempat tujuan wisata Dunia. Tiap tahunnya jutaan wisatawan belibur ke pulau Bali. Bali menjadi tempat yang menarik baik bagi wisatawan asing maupun wisatawan domestic.
Paradise Island atau Pulau Dewata adalah sebutan Pulau Bali yang terkenal dengan keindahan alam dan juga keunikan budayanya.

Bali yang dihuni mayoritas masyarakat hindu ini berjumlah penduduk 3,2 juta jiwa. Islam adalah agama mayoritas kedua setelah Hindu sekitar yang tersebar di 8 kabupaten dan 1 kota. Delapan kabupaten itu adalah: Jembrana, Tabanan, Gianyar, Bangli, Karangsem, Klungkung, Buleleng, Badung dan Denpasar merupakan Ibu kota propinsi Bali. Sebelum Anda ke Bali, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab untuk memastikan bahwa perjalanan Anda akan lancar, aman, nyaman, efesien dan efektif sesuai dengan rencana Anda.

Ada beberapa alasan kenapa Anda ke bali. Beberapa orang pergi ke Bali karena alasan: berlibur, tugas kantor, berbisnis, menengok keluarga, kuliah, sekedar jalan-jalan, seminar, pelatihan, study tour atau tugas social dan lain sebagainya.Berikut daftar pertanyaan yang harus Anda jawab sendiri. Pertanyaanya adalah sbb :

1. Transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk ke Bali?
2. Setiba di Bali akan nginap di mana?
3. Tempat wisata apa yang akan Anda kunjungi?
4. Kendaraan apa yang akan Anda gunakan selama di Bali?
5. Dimana Anda mencari makanan halal?
6. Dimana tempat Ibadah bisa ditemukan?
7. Dimana tempat belanja untuk oleh-oleh keluarga?
8. Dan tempat-tempat penting lainnya.

Kunjungi link di atas, ada beberapa type yang bisa membantu menjawab pertanyaan di atas. Jika kurang jelas langsung saja kirim comment pertanyaan Anda. Terima kasih.


Transportasi
Naik apa Anda ke Bali?
Pertanyaan ini akan sangat penting bagi yang belum sama sekali ke Bali, atau yang yang tidak ingin mengulangi lagi pengalaman buruk akibat salah memilih transportasi.
Ada tiga jalur yang bisa di tempuh untuk ke Bali, yaitu jalur udara laut, dan jalur darat, pemilihan jenis angkutan sesuaikan dengan jarak, efektifitas, waktu tempuh, keamanan dan uang saku Anda.
Jika Anda dari luar negeri otomotis pilihan pertama, yaitu jalur udara yang akan Anda pilih. Tapi bagi yang dari dalam negeri, maka masih ada tiga pilihan terutama bagi Anda yang berasal dari daerah yang tidak terlalu jauh dan memungkinkan untuk menggunakan jasa angkutan udara, darat dan laut.
Selain jasa angkutan udara. Anda yang dari Jakarta, Yogya, Madiun, Malang, Mojokerto, Surabaya, Jember dan Mataram masih sangat memungkinkan menggunakan jasa angkutan darat.
Ada beberapa Jasa angkutan Bus Malam jurusan PP untuk: Jakarta – Denpasar, Yogya – Denpasar, Malang – Denpasar, Madiun – Denpasar, Mojokerto – Denpasar, Surabaya – Denpasar, Jember – Denpasar, Mataram – Denpasar.
Jika Anda menggunakan jalur udara maka pertama kali Anda akan tiba Bandara Ngurah Rai. Bandara ini terletak di wilayah Kabupaten Badung. Memerlukan sekitar 15 menit naik taxi menuju Nusa Dua, 20 menit ke Denpasar. Tiket Pesawat Jakarta – Denpasar, seharga sekitar 300-800rb (biasanya harga tiket lebih mahal pada saat peak season/libur/hari raya).

Jika melalui jalan darat maka Anda dari pelabuhan Ketapang di Banyuwangi harus menyebrang melalui kapal very ke pelabuhan Gilimanuk yang masuk wilayah kabupatan Jembrana. Gilimanuk ke Denpasar masih cukup jauh sekitar 2,5 jam perjalanan dengan jarak 80 km.
Bus jurusan Jakarta - Yogya – Denpasar ada beberapa seperti Kramat Jati dan Safari Dharma Raya. Bus “Kramat Jati”, harga tiket Rp. 300 ribu (executive AC), turun di terminal Ubung Denpasar dengan memakan waktu sekitar 21 jam perjalanan. Bus malam Baruna dan Setiawan jurusan Madiun/Jombang/ Mojokerto ke Denpasar harta tiket antara Rp. 125 ribu – 145 ribu.
Kereta, Dari Jakarta bisa naik kereta ke Surabaya terlebih dahulu sekitar Rp. 35 ribu –
Rp. 185 ribu, dari stasiun kereta Surabaya biasanya menyediakan paket perjalanan ke Bali (dengan kereta sampai banyuwangi, dilanjutkan dengan perjalanan penyebrangan dan darat dari Gilimanuk ke Denpasar). Harga tiket terusan menuju Bali sekitar Rp. 90ribu – Rp. 110 ribu.
Terminal Ubung adalah terminal yang akan anda kunjungi setelah kendaraan Anda sampai di Denpasar. Terminal ini adalah terminal antar propinsi dan yang menghubungkan Anda untuk perjalanan ke kota-kota di wilayah Bali. Untuk ke daerah kota Denpasar atau ke Kabupaten lain di bali Anda bisa memakai jasa angkutan umum, bus atau bemo(mikroket).
Yang dari Mataram (NTB) menyebarang melalui pelabuhan Lembar ke pelabuhan Padangbai Kusambah Bali dengan lama sekitar 4 – 6 jam perjalan di kapal, dan perjalan ke Denpasar dari kusambah sekitar 1 (satu) jam perjalanan, tiket kapal sekitar 35 ribu per orang. Harga tiket untuk Bus langsung Mataram – Denpasar sekitar Rp. 150 ribu.

Untuk kendaraan di Bali sendiri bisa dengan sewa baik Motor atapun Mobil dengan harga sewa 30 ribu - 50 ribu untuk motor, sedangkan Mobil Rp. 175 ribu - 250 ribu per hari.
Sewa Motor atau Mobil murah bisa menghubungi teman saya di : 081263334333.

Wisata Bali
Bali terkenal dengan tempat-tempat wisatanya meliputi : pantai, air terjun, pemandangan alam, hutan, danau, seni, tari dan budayanya. Tiket masuknya juga tidak terlalu mahal amat, rata-rata masih dibawah Rp. 10 ribu. Kalau penasaran pengen coba paraceiling, banana boat, bungee jumping bahkan surfing, boleh dicoba tuh. Untuk turis lokal, kalo pandai nawar bisa dapet paraceiling / banana boat seharga Rp. 45 ribua. Kalo bungee jumping sekitar antara Rp.100 - 200rb.

Tempat-tempat yang wajib dikunjungi:
· Pantai Kuta, Badung
· Pantai Nusadua, Badung
· Pantai Sanur, Denpasar
· Pasar Sukawati, Gianyar
· Pasar Seni Ubud, dan Monkey Forest, Ubud – Gianyar
· Tanah Lot, Tabanan
· Danau Buyan dan Kebun raya Bedugul, Tabanan
· Kintamani, Bangli

Makanan Halal
Bali terkenal akan makanannya yang enak, dan masyarakat Bali juga rata-rata penggemar kuliner. Beberapa makanan khas bali yang terkenal adalah seperti ayam betutu, plecing kangkung, ayam bumbu bali dan lainnya. Namun bagi Anda yang beragama Islam harus lebih hati-hati karena Anda harus memastikan makanan yang Anda santap 100% halal.

Di Denpasar dan Badung, makanan franchise yang bersertifikat halal sudah banyak bisa ditemui. Diantaranya Wong Solo Halalan Toyyban, Papa Rons’, McD, KFC dan lain-lainnya. Atau coba masakan Padang yang tersebar di sepanjang jalan Bandara ke Denpasar.
Atau mau coba menu yang merakyat, murah tapi terjamin kehalalannya. Anda bisa cari warung nasi yang bertulisan “Masakan Muslim” atau bertulisan “Halal” di papan namanya. Biasanya pengelolanya adalah pendatang dari jawa, kalau Anda orang jawa maka serasa Anda makan di rumah sendiri dengan menu: nasi pecel, rawon, soto, lalapan, urap-urap atau nasi campur. Harga nasi tersebut rata-rata Rp. 5 ribu – Rp. 10 ribu per porsi, cukup murah kan?
Dagang bakso banyak ditemui di jalan dengan harga cukup murah Rp. 3 ribu per porsi, begitu juga tahu tipat dan nasi jinggo seribu rupiah per bungkus.

Untuk pencinta kuliner yang sedang berlibur ke Bali, bisa menikmati makanan Halal yang enak dan bervariasi di De Surau Resto. Selain menyajikan makanan yang khas De Surau, Resto ini juga menyajikan tempat yang cukup representatif untuk meeting, pertemuan bisnis ataupun acara keluarga.

Resto yang dilengkapi dengan Musholla ini juga menjadi peluang untuk mendapatkan peluang atau relasi bisnis, karena De Surau adalah tempat mangkalnya pengusaha-pengusaha yang tergabung dalam Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) cabang Bali. Hampir tiap minggu di tempat ini diadakan kajian keislaman yang pesertanya para pengusaha muslim Bali.
Beberapa menu khas De Surau adalah: sup singkong, ayam kremes, soto de surau, sambal plecing kas Suranadi, nasi goreng dan lainnya. De Surau terletak di jalan Mahendradata Denpasar. Selamat berlibur dan menikmati.


Tempat Ibadah
Mayoritas penduduk Bali adalah Hindu dengan tempat ibadahnya adalah Pura. Tapi tempat Ibadah lain sudah banyak kita jumpai di Bali. Di wilayah Nusa Dua terdapat tempat ibadah semua agama di Indonesia pada satu komplek.
Khusus bagi Anda yang Muslim ada beberapa masjid/musholla yang mudah anda temui, asal anda tahu lokasinya.
Di dekat bandara Ngurah Rai ada beberapa Masjid/mushollah, yaitu masjid/musholla Nurul Huda, Al Ikhlash, Assasut Taqwah. Di Nusadua ada masjid Ibnu Batutah, Di kota Denpasar ada masjid An Nur jalan Diponegoro, Masjid Raya Ukhuwah di jalan Hasanudin, Masjid Al Ihsan di Sanur, Masjid Darus Salam di Ubung, Masjid Al Furqon dekat kampus Unud, dana puluhan masjid dna mushollah yang tersebar di Denpasar dan Badung, juga di daerah lain.

Tempat Belanja
Oleh-oleh yang murah meriah bisa berupa kaos bali, perhiasan, kerajinan, salak Bali, dodol salak dan lain-lain.
Jika anda sedang berada di pantai Kuta jangan lupa mampir ke Jogger untuk beli oleh-oleh kaos unik dengan pabrik kata-katanya yang lucu seperti di dagado jogya.
Tempat belanja di Bedugul yang Anda harus mampir adalah pasar Candi Kuning. Anda bisa bawa oleh strawberry, kacang tanah kas bedugul Bali dengan harga yang murah meria. Atau jagung rebus yang bisa dinikmati saat berjalanan. Penjual dipasar tersebut mayoritas muslim jadi Anda yang beragama Islam relative aman mengkonsumsi makanan yang halal.
Jangan lupa jika Anda di Denpasar mampir di Toko Airlangga, pusat oleh-oleh, dari barang-barang kerajinan sampai jajanan tersedia di sana. Letaknya di jalan Nusakambangan Denpasar.
Salak Bali yang terkenal rata-rata seharta Rp. 7 ribu per kg, pada musim upacara agama Hindu di Bali harga salak akan naik hingga 25% dari harga normal.

Penginapan
Jika ingin ekonomis, jangan cari hotel yang berbintang. Di Bali banyak losmen atau penginapan yang murah dengan fasilitas yang lumayan dengan harga Rp. 30 ribuan sampai 50 ribuan per malam. Untuk kamar yang ber AC relative lebih mahal dengan tarif mulai 65 ribu per malam. Harga ini setahun yang lalu (tulisan ini sudah lama saya buat).

Anda jangan khawatir ada beberapa info Hotel atau Penginapan yang mungkin berguna. Saya tinggal di Bali sejak 1994, sehingga sedikit banyak tahu bahwa ada rumah-rumah sedang atau mewah yang disewakan untuk tamu (sejenis kos-kosan) dengan fasilitas seperti Air Conditioner (AC), Hot and Cold Shower, TV, Mini Bar, bahkan dilengkapi dengan kitchen set. Dan yang ini memang mencarinya sangat susah.

Jika tidak mau sulit dan repot Anda cukup datang di daerah elit dan tujuan utama wisatawan semacam Kuta dan Legian. Dan di sini masih tersedia juga hotel murah, dengan fasilitas: Air Conditioner (AC), Hot and Cold Shower, TV, Mini Bar, serta IDD Phone dengan harga yang relatif murah yaitu mulai 175 ribu per malam.

Beberapa teman luar Bali yang pernah saya bantu mencarikan tempat penginapan atau hotel, mereka kebanyakan mencari di sekitar Kuta atau Legian dekat Kuta. Mereka juga nyaman dan beruntung mendapatkan harga hotel yang murah walaupun fasilitasnya tentu tidak seperti hotel bintang lima. He.he.he.

Jika ada Rekan-rekan yang ingin berlibur ke Bali, boleh deh, kontak saya barangkali saya bisa bantu Anda untuk mencarikan kamar hotel atau penginapan yang cocok dengan Anda. Maksudnya cocok dengan selera dan isi kantong Anda... hehehe.

Kendaraan
Di Bali banyak menyediakan public transport, tapi jika ingin berlibur baiknya Anda menyewa kendaraan, baik Sepeda Motor atau Mobil.
Tarif sewa sepeda motor per hari atau 24 jam sekitar 25 ribu sampai 35 ribu belum termasuk BBM. Sedang untuk mobil bervariasi sesuai dengan jenisnya dan rata-rata 150 ribu per hari. Mobil Katana misalnya 60 ribu per hari belum termasuk BBM.

Kampus
Di Bali ada beberapa universitas baik negeri atau swasta. Universitas Udayana (Unud) adalah Universitas negeri yang ada di Bali. Kampus Unud ada 2 lokasi, di Denpasar (Jl. Sudirman) dan kampus bukit (Daerah Jimbaran).
Tapi jangan khawatir karena di sekitar kampus banyak kos-kosan denga harga terjangkau bagi anak kampus. Jika Anda mahasiswa baru ada baiknya Anda bertanya pada senior Anda atau teman Anda yang lebih pengalaman, atau tanya anak-anak LDK (Lembaga Dakwah Kampus) yang biasanya melayani jasa konsultan kos-kosan secara gratis.
Tariff Kos-kosan di sekitar kampus mulai 150 ribu per bulan sampai 600 ribu per bulan. Harga tergantung fasilitas yang disediakan.

Jika pengen info lebih lanjut bisa ke Kontak Saya.



17 komentar:

  1. excellence idea. I'd like you with great and fresh innovation guys.
    Kang jika butuh bantuan untuk travel dan hotel wilayah kuta, bisa call saya. Saya akan bantu, mau nginep di tempat kami juga oke, halal insya allah di Harris resort kuta - salam Hasan Sadzali.

    ReplyDelete
  2. Dear my brother Hasan Sadzali,
    Thanks bro for your visiting my blog.
    Anyway, tawaran tentang travel & hotel di wilayah kuta, itu sangat menarik.
    Jika ada blogger yang akan berlibur ke Bali bisa langsung contact ente bro.. (kemana kontaknya).
    Btw, I am looking forward receiving your articel for my blog, Thanks.

    Salam
    Alim Mahdi

    ReplyDelete
  3. Pak alim saya Lusi, tertarik dengn tulisan tentang Bali. Saya ingin minta rekomen tetang harga bungee jumpin yang murah dan sewa kendaraan murah.. Sedangkan yang saya dapatkan harga berkisar 400rb keatas, sedangkan sewa kendaraan 175 rb. Tolong dibantu. Terima kasih..

    ReplyDelete
  4. di kuta masi ada kok penginepan yang seharga 60ribuan, meskipun peak season... tempat yang wajib dikunjungi jg masi ada dreamland, labuansait, jimbaran, dll.. utk t4 oleh2 ada jg pasar guwang. utk nasi jinggo 1500-2000 per bgks, mas.. joger sama dagadu jgn disamain yah harganya :D joger mahal bgt...
    oh iya, jgn lupa bwa oleh2 pie susu ya kalo dari Bali....

    ReplyDelete
  5. To Fenfen. Thanks atas tambahan Infonya, semoga bermanfaat, silakan jika ada yang lain.

    ReplyDelete
  6. Apa bisa dikasih tahu jarak dari terminal ubung, denpasar ke daerah kute sampai berapa kilometer? lalu transportasi apa yang bisa dipakai dan berapa biayanya ???

    mohon bisa dibantu.

    ReplyDelete
  7. Pak Alim, nama saya Ade kuliah dan tinggal di Sulut.. saya ingin berlibur dibali sekitar satu atau kalo bisa dua minggu..tapi uang saya hanya sekitar 1jt diluar biaya tiket..bisa ngak yah?
    tx b4

    ReplyDelete
  8. Assl.Wrr.

    Salam kenal Pak Alim, nama saya Andri dan tinggal di Jakarta. Saya berniat mau bawa rombongan lenong (suami+anak dan adik ipar sekeluarga) pas libur sekolah bulan Juli nanti. Total semua ada 7 orang. Mohon info sewa rumah dengan 2/3 kamar tidur, AC, bersih dan nyaman untuk 4 atau 5 hari. Lokasi dekat dengan pantai Kuta. Budget sewa per hari sekitar 700 ribu-an. No HP teman bapak yang bisa murah sewa mobil sudah diupdate oleh suami ke HP nya.

    Mohon bisa dibantu.

    Handrini
    handrini@cimbniaga.co.id/handrini_dt@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. ass.wr.wb

    pak alim saya echie .. saya tgl 13 april ini maw k bali .. saya mencari hotel yg murah sekali d sekitar kuta .. rate nya sktr 100 - 150 ( yg penting ada fan ataw ac ) dan saya butuh informasi harga bungy jumping + rafting + wakeboarding ..
    terima kasih atas bantuannya

    echie
    echie_mardova@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. keren dah neh bacaannya ,
    gak rugi dah mampir di blognya.
    oh iya ada referensi buat hiburan di bali yang seru gak? trs harganya juga yah,
    thx b4

    ReplyDelete
  11. pa,, saya mau tanya kalo buat sewa rumah atau sewa 3 kamar untuk 1 bulan di daerah tabanan berapa yah??
    yang paling murah,,
    untuk kegiatan penelitian dari kampus,,
    trimakasih pa,,

    ReplyDelete
  12. salam kenal , dari Yoyo - Tangerang

    kami sudah melakukan pemesanan tiket AirAsia untuk ke Bali tgl. 20 mei 2011 tiba jam 23.00 dan kembali-22 mei 2011 jam 19.00 dengan peserta 25 orang , dan dengan anggaran yang terbatas, apakah pak Ali bisa membantu kami untuk mencarikan penginapan sekitar kuta-legian dengan budget 150-200 rb/hari atau sewa rumah yang dapat menampung rekan rekan saya, sekalian sewa mobil jemput antar airport dan keliling sekitar bali, yah tarifnya juga terjangkau,
    sangat di harapkan bantuan pak Ali karena semangat teman teman kami tk melihat keindahan Bali sangat antusias, serta untuk NASI GORENG
    saya bersedia traktir karena saya juga suka NASGOR.........he..he..he...

    ReplyDelete
  13. Bos, kalo cara gratis libur ke bali ada ngga ya? pingin banget ke sana tp blm punya uang,sampe skr deh blom terlaksana,hehe..

    ReplyDelete
  14. Salam alaikum
    Saya sudah email untuk minta tolong infonya... Mohon dibalas di sela kesibukannya:)
    Syukran katsiran..
    Wassalam

    ReplyDelete
  15. Permisi ya teman2, saya mau menawarkan penginapan murah ke bali khusus buat para backpacker. "My Homestay Bali" HANYA Rp.345.000,- per malam anda mendapatkan pilihan kamar dengan desain unik yang dilengkapi kamar mandi, water heater, ac dan tv lcd di setiap kamar, akan memberikan suasana istirahat yang sangat nyaman setelah berpetualang sehari penuh.

    Tidak hanya itu, harga tersebut sudah termasuk breakfast (2 orang), antar jemput bandara, dan GRATIS pemakaian motor selama menginap.

    Kemana-mana dekat dan mudah, hanya 10-15 menit berjalan kaki ke pantai Jerman & pusat perbelanjaan centro. Tunggu apa lagi? Cek aja http://www.facebook.com/myhomestaybali

    Thank you ^^

    ReplyDelete
  16. sore..mau dong contact person bungee jumping ya.
    thanks

    ReplyDelete

Butuh Kost Elit Harian atau Bulanan?
Kunjungi www.carikamarkos.com

Tersedia juga ratusan Daftar Alamat Lengkap Kost Di Bali, beserta nomor telponnya.

moment in time whitney houston whitney houston

Powered by mp3ruler.com