Tuesday, 10 February 2009

Universitas Muhammadiyah Magelang, KKL ke DSM Bali

Akhirnya rombongan mahasiswa S-1 program jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Muamalat, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang tiba di LAZ DSM Bali, Jl. Diponegoro 157 Denpasar. Hari Ahad, 8 Februari 2008 rombongan kami diterima di Lantai 2, Graha Zakat DSM Bali. Terdiri dari 28 orang mahasiswa dan 4 Dosen pendamping, yaitu Bapak Mahmud Hadi, Teguh Budiono, Ibu Candra Kusuma Dewi dan Bapak Andi.

Pak Andi salah satu pendaping KKL (Kuliah Kerja Lapangan), mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan pelaksanaan dari Studi Pengembangan Model Pengajaran (SPMP) dan memilih Bali karena walaupun penduduk muslimnya minoritas tetapi perkembangan ekonomi syariah termasuk pengolaan zakat cukup berkembang. Karena itu secara khusus mengambil studi tentang ekonomi syariah khususnya perbankan syariah dan manajemen zakat di Bali dan DSM Bali sebagai salah satu tujuan KKL ini.

Setelah acara kami buka dengan diawali ta’aruf maka pada sesi pertama di isi oleh Mas Firman dari Bank Muamalat Indonesia. Dan giliran saya pada sesi kedua menyampaikan materi dengan mengambil tema manajemen pengelolaan zakat. Beberapa poin yang saya sampaikan adalah tentang susunan pengurus/amil zakat DSM Bali, program penyaluran dan pemberdayaan, fundraising, program layanan muzakki dan mustahik, media publikasi dan strategy lembaga.

Pertanyaan yang cukup antusias dilontarkan oleh mahasiswa adalah tentang fundraising strategy, partnership dan sistem penyaluran dan bagaimana cara memotivasi personil/amil supaya bekerja tetap semangat.

Pada akhir acara dilakukan acara saling memberikan cinderamata antara DSM Bali dan Universitas Muhammadiyah Magelang dan berfoto bersama. Dan rombongan segera melanjutkan perjalanan. Selamat jalan dan semoga sukses!.

Terima kasih kepada Civitas Akademika Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang yang telah berkenan mengunjungi kami.

Foto dokumen bisa dilihat di sini.

No comments:

Post a Comment

Lihat profile Alim Mahdi sekarang
Kunjungi www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"