Thursday, 26 April 2012

Idealkah Berat Badan Anda?

Berat badan ideal sudah tentu membuat penampilan Anda jauh lebih menarik dan mempesona, terutama untuk pasangan hidup Anda. Tubuh yang menawan akan membuat rumah tangga Anda lebih bergairah. Tapi yang paling penting adalah berat badan ideal mengurangi risiko Anda terkena penyakit.

Karena kelebihan berat memang lebih mudah 'mengundang' berbagai macam penyakit degeneratif seperti gangguan pemapasan, jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke serta gangguan hormonal.

So, mari kita lebih memperhatikan tubuh kita dan seberapa ideal. Untuk Menentukan ideal (dan tentu saja sehat) atau tidaknya tubuh Anda, tak cukup hanya dengan berdiri di depan cermin.

Ada cara yang labih akurat untuk mengetahui apakah tubuh Anda ideal atau tidak, yaitu dengan:

1. Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan rumus:

IMT = Berat Badan (kg)/(Tinggi Badan (cm)/100)2
Contoh :
BB = 50 kg, TB = 160 cm
IMT = 50/(160/100)2 = 50/2,56 = 19,53

Klasifikasi nilai IMT:
Underweight = < 18,5 Rendah
Normal = 18,5 - 25,0 Rata-rata
Overweight = 25,0 - 29,9 Meningkat
Obese 1 = 30 - 34,9 Tinggi
Obese II = 35 & > Sangat tinggi

2. Ukur lingkar pinggang
Batas lingkar pinggang normal:

Wanita = < 80 cm
Pria = < 90 cm


Lingkar pinggang yang berlebihan, terutama pada kaum pria, berkaitan erat dengan risiko penyakit jantung dan kardiovaskuler.

Nah sudah tahu kan sekarang apakah berat badan Anda ideal atau tidak? jika belum ideal, ayo segera berbenah itu Indonesia yang lebih baik.. hehehe

Semoga bermanfaat...


3 comments:

  1. trus caranya biar kita memperbaiki penampilan kita biar tambah yahudd menurut pandangan pencipta kita gimana mas bro rumusnya??

    sory kalo o'on.. bener2 gak tahu apa2 nieeee :(, selain apa yang diajarin ke anee ,, " Gak boleh menyekutukan Nya dengan apa pun " tuh aja susah banget, masih sering nurutin nasfu, dll

    ReplyDelete

Lihat profile Alim Mahdi sekarang
Kunjungi www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"