Mengapa Gamification Begitu Dahsyat ? Seri 2

Monday, 18 June 2012

print this page
send email
Anda masih ingat cerita saya kemarin tentang seorang pebisnis yang berkonsultasi dimana dia mengalami masalah pemasaran klo belum lebih baik simak dulu di bagian pertama tulisan ini: Mengapa Gamification begitu dahsyat ? Seri 1.

Setelah mendengar penjelasan saya dia mulai memahami dan menyadari apa yang harus dia lakukan. Saya berkata kepada bapak itu, "Tetapi jangan berpuas dulu, bila kita ingin mendapatkan solusi yang effektif dan effisien haruslah sempurna dimana kita harus menjalankan dengan kombinasi berbagai strategi sehingga kita mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak membuang-buang waktu." Oke pak saya berikan trik nomer dua untuk Gamification, yaitu yang dinamakan Time Appointment.

Dia mulai kembali bingung dan bertanya "Apa itu pak Time Appointment". Kemudian saya tanya berlama-lama langsung menjelaskan. Sepanjang sejarah hidup manusia, manusia itu selalu terikat dengan waktu, ingatkan Anda ketika masih kecil, kita dilatih dengan waktu, kapan waktu kita harus pergi ke sekolah, kapan waktu kita harus makan, kapan kita harus belajar, kapan kita harus tidur, dan kapan kita boleh bermain, sampai akhirnya menjelang dewasa kita pun tetap terikat oleh waktu, kapan waktu kerja, kapan waktu istirahat, kapan waktu berlibur dengan keluarga, pada dasarnya semua umat manusia di bumi ini terikat dengan apa yang dinamakan waktu, cara kerja otak kita akan merecognize jadwal yang sudah kita tetapkan sebelumnya. Semenarik apapun program promosi Anda jika tidak terikat dengan waktu maka kemungkinan besar akan gagal.

Nah mulai tetapkan program promosi yang Anda lakukan dengan waktu, disini ada berbagai cara yang Bapak dapat gunakan, yaitu:

1. Dengan strategi promosi terjadwal, tetapkan tanggal, jam dan durasi berapa lama Anda memberikan promosi tersebut. Misalnya "Gebyar promo discount 12% hanya berlaku tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 dari jam 12 siang sampai jam 12 malam.
2. Bila pembeli Anda ternyata mereka kebiasaan membeli produk bapaknya malam hari maka Bapak bisa menggunakan strategi Midnight Sale, jadi discount hanya berlaku dari jam 12 malam sampai jam 1 pagi. Atau jika Anda mengalami masalah karena kebetulan kadang-kadang tempat Anda ramai sekali kemudian kadang-kadang tempat Anda sepi sekali, Anda dapat melakukan strategi happy hour, yaitu dengan menggunakan waktu-waktu kapan dimana Anda sepi Anda berikan discount khusus selama jam-jam tersebut.
3. Strategi promosi Special Event, misalnya kebetulan event lebaran Anda bisa membuat paket lebaran, jika event valentine Anda bisa membuat paket valentine, jika event natal maka Anda bisa membuat produk khusus untuk event tersebut, begitu seterusnya sesuaikan dengan apa event yang berlaku saat itu, ingat manusia adalah mahluk yang terikat dengan waktu, lihatlah bahwa statistik penjualan hampir semua produk selalu sangat meningkat diakhir tahun.

Gunakan Strategi Waktu untuk mempercepat mereka dalam mengambil keputusan dalam membeli.
Pernahkan Anda ketika masih sekolah mengikuti atau melihat lomba catur ? kemudian dia menjawab "pernah donk pak". Kenapa ketika kita lomba catur selalu ada jam ? Oh pak itu kan supaya kita tahu mereka cepat. Benar sekali pak, jawab saya, manusia memiliki kecenderungan untuk berpikir dan mempertimbangkan segala hal dalam mengambil keputusan tetapi ketika ada waktu yang membatasi mereka, maka mereka akan berpikir cepat dalam mengambil keputusan.

Kita dapat memanfaatkan stategi promosi counting down, Anda berikan special promo dimana didepan kasir diberikan sebuah alat seperti stopwatch dimana terdapat counting down dari waktu tertentu ke titik 0, saya ambil contoh diskon 50% produk ini hanya berlaku satu jam, dimana ketika waktu mencapai titik 0 maka kembali ke harga normal. Dia menjawab "Wah pak itu sama saja seperti mempengaruhi alam sadar seseorang dalam membeli produk kita donk ?". Jawab saya "Benar" dengan mempengaruhi alam bawah sadar seseorang maka tidak akan terjadi penolakan, ketika orang sudah terpengaruh dengan waktu yang terbatas maka dia otomatis akan cepat dalam mengambil keputusan. Bapak bisa melihat seperti contohnya diluar sana mereka menerapkan teori ini pada sebuah web e-commerce bernama antmart www.antmart.com.au bahkan diweb tersebut sangat komplit mereka bermain dengan berbagai permainan waktu seperti : short deal (deal yang berlaku dalam waktu singkat), monthly deal (deal yang berlaku sebulan sekali), private deal (deal yang diberikan hanya untuk member), live deals dan previous deals.

Selain counting down promotion Anda dapat menggunakan strategi cool down promotion, Cool down adalah kombinasi antara time limitation dan items limitation cara kerjanya seperti ini misal Anda memberikan promosi berlaku hanya 20 pembelian di waktu tersebut, jika sudah terjadi 20 pembelian maka discount akan hilang tunggu sampai cooldown lagi 12 jam kemudian baru muncul discount tersebut sejumlah 20 pembelian lagi, begitu seterusnya. Hal ini otomatis akan memicu alam bawah sadar seseorang untuk berebut membeli produk Anda ketika cool down itu muncul supaya mereka tidak harus menunggu lagi 12 jam lagi. Banyak game-game yang menerapkan teori ini sehingga membuat pemainnya terikat, saya ambil contoh seperti farm ville dimana game ini menggunakan cool down method, jadi setiap dia memanen dia harus menunggu sampai waktu tertentu untuk bisa memanen lagi ladangnya.

Kemudian dia bertanya lagi pak kalau dipikir-pikir hal ini apa tidak merugikan orang lain jika orang berebutan membeli produk kita ? Jawab saya "Ya tentu bagus donk pak, jika orang berebutan membeli produk kita sangat bagus donk hasilnya untuk kita. Yang penting Anda juga harus memberikan produk dengan kualitas yang sesuai dengan harga yang mereka bayarkan, jadi ilmu Gamification harus disertai dengan itikad baik juga, karena jika ilmu ini dimanfaatkan hanya keuntungan Anda saja maka, kesuksesan Anda tidak akan bertahan lama. Pada dasarnya jika Anda sudah memiliki produk yang memang bagus dengan harga yang baik tapi sulit bersaing karena kompetitor yang besar maka teknik gamification ini barulah dipakai untuk memenangkan persaingan. Jangan puas dulu ya ini belum seberapa masih banyak trik-trik gamification lain yang belum saya keluarkan. Ikuti sharing saya selanjutnya hari Senin 28 Mei 2012.

(by "thomas_digipreneur_maestro" ) - www.alimmahdi.com

Pesan Sponsor: Mau followers banyak?? Bosen dengan liker fanpages Anda segitu2 aja?? Jangan Galau!... Hubungi: Alim Mahdi (PIN BB: 216568CD) - Social Media Consultant & Weblog Master.

8 komentar:

  1. promosi terjadwal, tetapkan tanggal, jam dan durasi berapa lama Anda memberikan promosi tersebut. Misalnya "Gebyar promo discount 12% hanya berlaku tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 dari jam 12 siang sampai jam 12 malam.
    setuju neh...

    ReplyDelete
  2. setuju neh kutipannya "jadi ilmu Gamification harus disertai dengan itikad baik juga, karena jika ilmu ini dimanfaatkan hanya keuntungan Anda saja maka, kesuksesan Anda tidak akan bertahan lama. Pada dasarnya jika Anda sudah memiliki produk yang memang bagus dengan harga yang baik tapi sulit bersaing karena kompetitor yang besar maka teknik gamification ini barulah dipakai untuk memenangkan persaingan."

    ReplyDelete
  3. bhuakakka,,,, Gebyar promo discount 12% hanya berlaku tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 dari jam 12 siang sampai jam 12 malam.
    setuju neh...

    ReplyDelete

Butuh Kost Elit Harian atau Bulanan?
Kunjungi www.carikamarkos.com

Tersedia juga ratusan Daftar Alamat Lengkap Kost Di Bali, beserta nomor telponnya.

moment in time whitney houston whitney houston

Powered by mp3ruler.com