Friday, 6 April 2018

KEUANGAN IBARAT DARAH DALAM TUBUH

Masih banyak pebisnis UKM yang belum memiliki laporan keuangan. Padahal Keuangan itu ibarat darah dalam tubuh. Segala penyakit, seperti kolesterol, gula darah, dan bakteri yang mengalir di darah dalam tubuh kita bisa mengganggu kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian.
Setiap kita sakit, opname, pasti chek darah untuk mengetahui apa penyebab sakit yang kita alami. Begitu juga dengan keuangan bisnis kita. Jika di dalamnya ada 'kolesterol', 'gula darah', 'bakteri' dan lainnya yang mengalir di bisnis bisa mengganggu perjalanan hidup bisnis anda bahkan bisa terancam bangkrut.
Kalau darah bisa dichek di lab, lalu bagaimana mengetahui apakah keuangan bisnis kita sehat? Tentu kita bisa cek dari laporan keuangannya.
Karena itu tata kelola bisnis harus memperhatikan dengan serius pengelolaan keuangannya, yaitu dengan cara membuat SOP Keuangaan dan Akuntansi. SOP ini sangat membantu Anda bagaimana mengelola Keuangan dan Pencatatan Akuntansi sesuai Standar Operasional dan Prosedur yang benar.
Beberapa SOP yang harus dibuat dalam Fungsi / Departemen Keuangan dan Accounting sebagai berikut:
Prosedur Penerimaan Kas, Prosedur Pengeluaran Kas, Prosedur Pengajuan Dana, Prosedur Pembelian Barang, Prosedur Pengajuan Piutang Karyawan, prosedur Penagihan Piutang, Prosedur Pencatatan Hutang, Prosedur Pembayaran Hutang, Prosedur Pendokumentasian Transaksi, Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan, Prosedur Pembayaran Gaji, Dan Prosedur Perhitungan Pajak Penghasilan, dan lainnya.
SOP biasanya dilengkapi dengan Job Desciption masing-masing fungsi jabatan, uraian prosedur, flowchart dan lampiran formulir-formulir dan dokumen pendukung.
Anda Tidak perlu Pusing dan Repot!!! Jika sudah disediakan contoh - contohnya sebagai refrensi perusahaan Anda.
Mengenai SOP Finance & Accounting bisa dikunjungi untuk melihat detail tentang SOP Keuangan & Akuntansi di http://mastersop.com/finance/


No comments:

Post a Comment

Lihat profile Alim Mahdi sekarang
Kunjungi www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"